Saturday 27 July 2013

Samsung Galaxy S 4 : Bagus tapi Tidak Hebat

Samsung sedang bersemangat. Kesuksesan penjualan banyak model smartphone keluaran Samsung, dibantu dengan kampanye pemasaran besar-besaran, menobatkannya sebagai produsen ponsel Android terbesar di dunia. Samsung kini menjadi pesaing utama bagi Apple dalam industri smartphone. Orang bahkan tidak hanya mengasosiasikan Android dengan Google, pembuat sistem operasi ini, tapi juga dengan Samsung.
Samsung Galaxy S 4
Kini raksasa elektronik asal Korea Selatan itu akan merilis model smartphone barunya di Amerika Serikat, sebuah pasar yang terus didominasi oleh iPhone rilisan Apple. Galaxy S 4 akan dijual minggu depan dengan operator AT&T, T-Mobile, dan Sprint, dan pada Mei untuk Verizon Wireless.
Saya telah mencoba Galaxy S 4 dengan intensif selama empat hari. Meski saya mengagumi beberapa fiturnya, secara keseluruhan S 4 bukanlah inovasi baru. Galaxy S 4 adalah evolusi dari model sebelumnya. Walaupun mendapat beberapa perbaruan, software yang disuntikkan Samsung ke OS Android dasar masih lemah. Menurut saya, software Samsung kerap berlebihan, tak jauh beda dengan aplikasi (app) Android standar, atau kadang-kadang malah tidak sepenuhnya fungsional.
Saya mendorong pembaca yang tengah mencari smartphone baru Android untuk mempertimbangkan pula HTC One, yang tampilannya lebih rapi dan cukup canggih, ketimbang langsung membeli produk teranyar Samsung ini.
Galaxy S 4 mengandalkan layarnya yang sebesar 5 inci, sedikit lebih besar dari layar 4,8 inci di S 3. Namun bodi plastiknya lebih tipis dan ringan. Ukurannya mungkin akan sedikit merepotkan di saku celana atau tas yang kecil, dan akan terlihat aneh saat ditempelkan ke telinga Anda, namun bobotnya tidak berat seperti batu.
Meski demikian, jika dibandingkan dengan iPhone 5 yang berlayar 4 inci, S 4 masih 30% lebih besar dan 17% lebih berat. Galaxy S 4 ini dilengkapi kamera 13 megapixel, lebih tinggi dari kamera iPhone 5 yang 8 megapixel.
Hampir semua ponsel Android memiliki dua aplikasi email—yang salah satunya khusus untuk Gmail dari Google. Namun S 4 bahkan memiliki dua toko musik dan video online, dua pemutar musik dan video, dua kalender, dan dua browser.

No comments:

Post a Comment